Madura : Kaldu Kikil

Kaldu kikil atau nama bekennya kaldu kokot biasa ditemui di berbagai sudut Pulau Madura. Hmm... Mari melanjutkan perjalanan kuliner kita ^^ nyamm...


Kaldu kikil berbahan dasar kikil sapi atau kaki sapi. kalau dilihat sepintas memang mirip dengan sop. Eiits, tapi ini beda. Boleh lah dibilang lebih mirip dengan gulai plus potongan kikil, kulit dan potongan kaki sapi. Hohooo... Sebelum mencobanya, saya penasaran sekali.


Kelezatan rasa kaldu kikil terletak pada kelembutan kikil yang seperti "melebur" bersama bumbu kaldu kental sebagai kuah. Dalam beberapa penyajian, kaldu kikil juga biasanya dicampur dengan kacang hijau, bawang goreng, dan sambal hijau yang pedas. Seperti makan bubur super lembut yang masih bisa disebut kuah.


Biasanya, kaldu kikil ini dikombinasikan dengan lontong atau ketupat. Tapi dipadukan dengan nasi hangat enak juga. Sebagai pelengkapnya, kadang kaldu kikil juga disajikan dengan perkedel ubu, kacang mete, atau kerupuk. Yang asik saat makan kaldu kikil adalah saat menyedot sum-sum yang ada di dalam tulang kaki sapi yang tentu saja sangat gurih rasanya.








Hmm.. looks very tasty, isn't it?!!



Kaldu kikil juga ada yang berbahan dengkul sapi. Hehe.. Ujung-ujungnya bagian dari kaki juga sih :D


Oia, saat sedang menyantap kaldu kikil sebaiknya dicampur dengan sedikit jeruk nipis dan kecap yaa. Selain menambah citarasa , kolesterol juga bisa dinetralisir.


Okeee... Selamat mencoba !!! ^^b

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir :))