Tentang Membaca dan Menikmatinya

Hai.

Doh. Saya nggak bisa tidur malam ini.

Ngomong-ngomong ya, saya punya banyak buku yang belum dibaca. Jangan heran. Soalnya jujur saja saya lebih senang beli buku timbang baca buku. Hehehe ^^v

Tapi soal menulis, saya kagum sama penulis. Yang tulisannya bisa memotivasi dong ya. Minimal dinikmati lah. Kalau sedang blogwalking kesana kemari, pasti menemukan sesuatu yang bisa bikin kagum dan memberi pelajaran yang baru lagi. Macam-macam hal bisa saja dibuat menarik oleh mereka. Di buku, artikel majalah, blog, diary, sampai notes facebook. Ini soal penulis.

Tentang membaca sendiri, saya tidak mengkhususkan diri membaca satu jenis tulisan saja. Kadang saya baca novel, cerita lucu, cerpen di noter fb, sampai curhat colongan di blog pribadi. Macam-macam tulisannya, pun dengan bagaimana saya menginterpretasi tulisan tersebut. Misalnya saat saya membaca novel. Saya bisa menentukan sendiri sebiru apa langit yang ada di novel itu. Sejingga apa  senja yang ada di tepi pantai dan bagaimana penampakan seseorang yang sedang duduk bersama si tokoh utama. Menyenangkan. Saya juga kadang bisa menangis begitu saja membaca beberapa kalimat yang saya pilih sendiri untuk saya refleksi.






Dengan membaca, kita juga tidak merasa sendirian. Ini kehebatan seorang penulis. Saat membaca tulisan, banyak kebetulan -yang meskipun sebenarnya tidak- yang di dalam tulisan tersebut yang sama dengan apa yang kita rasakan saat itu. Halaaaah. Mbulettt. Saya sering membaca tulisan yang mirip dengan apa yang saya alami. Misalnya saat sedang sedih, kecewa, atau patah hati. Hohoo... Banyak yang menyenangkan kok, maaf kalo contohnya cuma yang sedih-sedih. Kan cuma contoooh :D Di saat itu kita dibuat percaya kalau bukan hanya kita saja yang merasakan perasaan itu, tapi kebanyakan orang juga, minimal si penulis.



Dan inilah kenikmatan menjadi seorang pembaca. Selalu punya tanggapan tersendiri setelah membaca sebuah tulisan. Pada akhirnya akan menjawab pertanyaan si penulis saat dia membuat tulisan tersebut kan.




So, happy reading yaa ^^

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir :))