On Vacation : Candi Cetho

Hoaaaa...

Akhirnya bisa pulang ke kota yang selalu ngangeni buat saya. Solo Solo Solo ^^


Yap yap. Selepas ujian emang idealnya ada liburan. Dan meskipun kampus plat merah saya tidak mengagendakan hal ini buat mahasiswanya, saya kali ini nekat. Dengan modal keyakinan tinggi bahwa tidak akan ada kuliah di awal-awal masuk *keyakinan yang aneh*, saya beli tiket pulang juga. Sudah sumpek sekali ibu kota yang indah itu, wkwk. 

Dua hari di Solo rasanya aras-arasen mau pergi kesana kemari. Hawa di luar tidak mendukung bepergian santai dengan berjalan kaki. Padahal rencana jalan-jalan by mlaku-mlaku sudah tersusun rapi. Hoaaa, Solo  awet panaaaaas. :D:D

Biasanya saat libur seperti ini, saya langsung menghubungi teman-teman pasukan 17 angkatan 12. Ngumpul sekaligus tukar cerita. Di grup facebook juga sudah lama dibicarakan tentang rencana ketemuan sejak jauh-jauh hari. Tapi memang adat teman-teman saya yang -ngikut saja- ini sedikit jadi hambatan. Maka saya yang menjadi  event organizer tiap kali ada ngumpul atau main bareng.

Karena aras-arasen masih sedikit mengganduli langkah saya mengumpulkan teman-teman, jadi acara yang sudah direncanakan juga mundur sesuai dengan mood saya. Hahahaaa -___-"  Tapii, akhirnya jadi juga kita jalan-jalan bareng. Yah, meskipun dengan personil seadanya dan bukan lengkap bertujuh belas.

Saya, Witi, Nyonyo, Imem, Ujin, dan Ades were going to Tawang Mangu. Kami berenam mengunjungi Candi Cetho. rencana awal sih ke Candi Sukuh, tapi setelah proses tanya-bertanya pada masyarakat setempat, ternyata oh ternyata kami ke arah Candi Cetho. Haikhaikhaik :):):)

Candi Cetho terletak di kaki Gunung Lawu, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000,- kita sekaligus bisa mesuk ke komplek Candi Kethek yang berada di sebelah barat Candi Cetho. Komplek Candi Cetho dibuat pada masa kerajaan Majapahit dengan tujuan tempat pemujaan para dewa. Hindu. Candi ini dibuat bertingkat. Karena bencana alam yang terjadi, 13 tingkat Candi Cetho kini menjadi 9 tingkat. 

Pada tingkat ketiga, terdapat relief memanjang di atas tanah yang berbentuk alat kelamin laki-laki


Imem, Nyonyo, Ades, Ujin, dan Witi... Haiiih, saya g ikutan nih  :p


Nyonyo di puncak Candi Cetho

Sebelum memasuki kawasan Candi Kethek, kami menuju ke Puri Taman Saraswati. Objek wisata ini tergolong baru. Pada tahun 2007, puri ini diresmikan oleh bupati Karanganyar dan bupati Gianyar (Bali) sebagai bentuk kerjasama antardaerah. Fokus objek wisata ini terletak pada patung Dewi Saraswati yang didatangkan langsung dari Gianyar. Puri ini biasanya digunakan sebagai tempat perayaan Hari Saraswati yang dilaksanakan 6 bulan sekali.


 Puri Taman Saraswati 

Next, Candi Kethek.


Jalan menuju ke Candi Kethek sangat kecil dan sedikit berbahaya karena berada di tepi jurang. Kami harus melewati sungai kecil dan jalan mendaki untuk bisa sampai ke sana. Seperti Candi Cetho, candi ini berbentuk tingkat atau punden berundak. Tangga di setiap tingkat berukuran sangat kecil, jadi agak susah menaikinya. Candi ini terdiri dari 7 tingkat dan di setiap tingkatnya, ditemukan arca kura-kura kecil di kanan dan kiri sisinya. 


Candi Kethek




Setelah beberapa menit berada di komplek candi ini, kami memutuskan segera mencari masjid, karena Imem dan Ujin harus melaksanakan sholat Jum'at. Dan tentu saja, jalan-jalan tidak lengkap tanpa makan-makan. Hehehe... Kami datang ke sebuah warung makan yang menyediakan menu seputar landak, tupai, dan biawak. Hadeuuuuh, tapi untung ada ayam bakarnya, lumayan laah... hehe...

Rumah Makan Gunung Mas, menunya iiiiiihh wooooooooooooww..... 





Well.. Nice vacation guys  d^.^b  Ayo kita kemana lagiiiii, hohoho... Teruntuk Imem, kami semua minta maaf ya. Seharian kemarin kamu sudah jadi bahan guyonan. Namanya saja juga guyon, Mem. Besok lagi yaa, wkwk.

Kalau lengkap bertujuh belas pasti lebih asik lagi. Kalau ada sumur di ladang boleh kita berjumpa lagi yaaa #hlooh!! hahahaa. Seperti kata Nyonyo "thank a lot guys..it was a wonderful trip ever! remember this day as our memories.. :)


17 Jaya !!

2 comments:

sha said...

Saya pun baru melawat candi. Candi Lembah Bujang, Kedah, Malaysia. Cantik pemandangnnya. Sayangnya kamera tak ada..

oryzabitha said...

yaah, lain kali pake kamera handphone aja sha ^^

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir :))